Awas, Banyak Levi’s 501 Palsu di TikTok!

Last Updated on: 5th June 2024, 07:18 pm

Lagi-lagi, yang melatarbelakangi RiKa menulis adalah karena periuk nasi RiKa diganggu (secara tidak langsung) wkwk.

Saat membuka TikTok (Live), pernahkah kalian melihat modelan jualan Levi’s 501 sejenis ini?

Atau yang jualan sejenis seperti itu lah ya, di marketplace manapun. Yang seperti ini tuh KW ya guys. Jangan sampai ketipu.

Kenapa Bandung KW?

  1. Size yang tersedia selalu lengkap, kalau tidak salah 28-36. Pilihan warna juga beragam. Ketersediaan size ini salah satu red flag paling “mudah”.
  2. Levi’s Made in USA, apalagi yang dari White Oak Mills itu… udah diskontinu… udah lama banget 🙁 (>5 tahun). Kalaupun ada, biasanya juga cuma seri yang raw denim dan/atau selvedge (Untuk yang ini setahu RiKa saja alias agak asbun/belum riset lebih dalam lagi).
  3. Harganya juga too good to be true. Bahkan seringkali pedagang secondhand saja tidak menjual 501 thrift dengan harga segitu, melainkan di atasnya. Emang harganya berapaan sih? Nih.
Screenshot 2024 05 14 031702
Aduh geregetan banget… Ada 501 USA, ada 501 Japan… yang rare disulap semua di situ jadi always available (menangis).

Lho, tapi kelengkapan Levi’s 501 yang kaya gitu tuh lengkap kok dan sesuai sama postingan OriKW di masa lalu tentang legit check Levi’s.

Ada nomor button-nya. Tag lengkap. Label hologram juga ada. Rivet ada kodenya. Masa sih KW?

KW, kak. Bahan yang dipakai beda. Nomor button terlihat trying too hard untuk mirip aslinya. Begitupun juga dengan kelengkapan lainnya.

Ya, itu salah satu contoh dari kejadian nyata yang sudah pernah kami singgung di laman Disclaimer. Para pemalsu akan memproduksi semirip mungkin dengan yang asli, even itu nggak masuk akal.

Tambahan misinformasi yang bikin geregetan: masa sama mereka beginian dikata selvedge…. Ya Allah… (menangis lagi).

RiKa sebenernya ada sih Levi’s yang dibuat di White Oak Mills dan bisa dibuatkan perbandingan lah itu detail-detail nya, kapan-kapan. Update: sudah RiKa cicil nih updatenya.

Perbandingan woven label “Premium Clothing” Levi’s Asli vs. Palsu

Terlihat bedanya, kan? Beda typeface, beda ukuran, beda kualitas woven.

Perbandingan label “White Oak” Levi’s Asli vs. Palsu

Perbedaan yang paling jelas ada di material label yang digunakan. Selanjutnya, ya masih sama, tidak jauh-jauh dari perbedaan typeface (ukuran teks, ukuran simbol) tentunya. Sisi label yang dijahit pun berbeda. Untuk versi label white oak yang berbeda (tapi tetap original), bisa dilihat di gambar paling awal (featured) postingan ini, ya.

Masa iya ga ada Levi’s original di TikTok?

Ada dong. Beli di official store-nya Levi’s Indonesia saja. Mereka tiap hari juga live kok dan sering ngadain diskon juga meski nggak akan pernah harganya jadi semurah yang KW. Masih ada kok, Levi’s 501 original di bawah sejuta di toko resminya.

Bisa juga beli di reseller yang trusted (nggak, RiKa nggak melakukan shameless promo karena RiKa nggak bisa live TikTok), tapi bagi yang trust issue ya lebih baik beli di toko resmi saja.


Sekali lagi, jualan KW itu gak papa. Yang bikin gak enak itu, jualan KW, tapi nggak ngaku. Atau dikemas sebagai original.

Imbas yang paling bikin malas sesama pedagang Levi’s tuh, banyak banget orang yang akan menyangka harga retail Levi’s 501 tuh segitu. Jadi, yang jualannya beneran original, bakal makan ati tiap hari karena ditawar segitu terus.

RiKa tidak terima apabila tulisan ini dianggap sebagai perusak rejeki orang, karena dalam hal ini mereka duluan yang menyebar misinformasi dan bikin efek domino.