Cara mengenali Birkenstock Boston clogs palsu

Last Updated on: 8th July 2023, 08:21 pm

Birkenstock Boston. Apalagi yang warna taupe. Sejauh ini berdasarkan pengamatan OriKW masih jadi model Birkenstock yang paling populer, sekaligus yang paling banyak kw nya. Langsung aja lah ya, kita bedah bagian-bagian dari clogs ini. Namun sebelum itu, ada sedikit tips nih: selain melihat bagian-bagian kecil dari clogs ini, jangan lupa untuk melihat secara garis besar atau satu kesatuan clogs tersebut.

Bahan dan bentuk upper

Birkenstock Boston warna Taupe upper-nya dibuat dari bahan suede. Beda warna, bisa beda bahan.

Upper Birken Boston palsu

Kualitas kureng. Shape kureng. Kayak dibuat dari kardus lah kasarannya.

Upper Birken Boston asli

Selain bahannya yang terlihat lebih bagus (di foto), shape nya juga lebih seragam.

Footbed

Birkenstock Boston warna Taupe hanya tersedia dalam versi Soft Footbed (tulisan warna biru). Sedangkan untuk model-model lama, memang masih pakai tulisan warna kuning.

35225L4
36230L5
37240L6 M4
38245L7 M5
39250L8 M6
40260L9 M7
41265L10 M8
42270L11 M9
43280M10
44285M11
45290M12
46300M13

Tabel di atas merupakan informasi size yang harusnya tampil di insole-nya. Contoh tampilan informasi size yang palsu dan yang asli ada di gambar di bawah ya.

birkenstock boston footbed
birkenstock boston footbed ori 1

Kemudian berikut perbandingan untuk insole yang palsu dan yang asli.

Insole Birken Boston palsu

Insole nya tampak flat/datar. Logo bentuk kaki kureng. Warna-nya off. Bagian ujungnya tidak terpotong dengan baik. Oh ya, sudah beredar di pasaran kalau banyak insole yang ada stamped code nya dan ini bukan indikator auto ori yah.

Insole Birken Boston asli

Shape footbed yang otentik seperti ciri khas-nya. Info ukuran yang ditampilkan sesuai dengan tabel di atas.

Cork

birkenstock boston cork

Ini salah satu ciri khas dan keunggulan dari Birkenstock. Birkenstock menggunakan natural cork yang bisa menyesuaikan dengan kaki kita seiring waktu. Kalau sudah sering lihat, maka bisa lebih mudah untuk tahu cork yang asli seperti apa.

Cork pada Birken Boston palsu

Cork-cork-an alias bukan cork beneran. Terlihat seperti terbuat dari bahan sintetis seperti plastik atau rubber atau serbuk gergaji.

Cork pada Birken Boston asli

Ril cork dan lateks.

Outsole

Bagian ini adalah bagian yang paling sulit dikenali, karena ya sudah mirip banget. Pabrik pembuat Birkenstock Boston Taupe KW sudah bisa bikin yang sama. Namun, tulisan pada outsole yang KW ini biasanya lebih besar ukurannya. Tapi ya gitu, biar bisa tahu lebih besar/kecil kan kadangkala harus dibandingkan langsung / side-by-side, jadi ya susah.

Outsole pada Birken Boston palsu

Ukuran pola berulang (pattern) nya cenderung lebih besar, dan kadangkala tidak ada tulisannya.

Outsole pada Birken Boston asli

Pattern nya cenderung lebih kecil.

Detail logo dan tulisan

birkenstock boston detail

Detail pada Birken Boston palsu

Cetakan logonya kurang niat. Font pada tulisan berbeda dengan aslinya.

Detail pada Birken Boston asli

Box

birkenstock boston box

Yang harus diperhatikan adalah typo atau kesalahan penulisan dan font yang salah. Untuk gambar clogs-nya, harusnya wujudnya outline doang, bukan gambarnya. Detailnya ada di gambar di bawah ya.

birkenstock boston box 2

Box Birken Boston palsu

Contoh salah penulisan: Grobe/Grode, Furbett/Fubbett atau yang lain. Kemudian, “Sand” atau “ALP” bukanlah salah satu pilihan warna dari Birkenstock Boston. Ada juga yang layoutnya salah.

Box Birken Boston asli

Tulisannya benar sesuai ejaan bahasa Jerman: Größe. Fußbett.

Selain itu, biasanya Birkenstock Boston asli dilengkapi dengan kertas yang ada logo Birkenstock dan logo kaki nya itu (tapi gak selalu dapet ya). Nah kalau dapetnya wrapping paper yang polosan atau bahkan dapatnya dust bags atau kantong plastik, bisa jadi tanda-tanda palsu.

Harga

Karena Birkenstock Boston bisa dibilang masih belum surut-surut banget hype-nya (saat komparasi ini dibuat), banyak di luaran sana yang ngejual Birken KW seharga ori, bahkan lebih mahal dari harga retail ori-nya lho. Jadi yaa gak bisa dijadikan patokan kalau harga mah.

Kenapa bisa KW dijual lebih mahal dari ori? Kalau sotoy-nya OriKW sih,

  • Trik psikologis: “wah ini harganya gak jauh beda sama retail nih, pasti ori”
  • Barang ori-nya ghaib.

Daritadi bahas mahal-mahal mulu, emangnya berapa? Ada kok yang jual KW nya Boston ini sampai 4juta di market luar. Ya Allah, untuk sepasang clogs… :’) (tidak akan saya teruskan beropini daripada jadi kaum mendang-mending).

Good luck!

Creator